Kebijakan Privasi Kulina
Terakhir kali diubah 13 September 2021
Kebijakan Privasi ini dan perubahannya (“Kebijakan Privasi”) adalah komitmen nyata dari Kulina, anak perusahaan, afiliasi, dan entitas yang dikendalikan bersama (secara kolektif disebut sebagai “Kulina”, “kami”, “kita”, atau “milik kami”) untuk menghargai dan melindungi setiap data dan informasi pribadi anda melalui penggunaan Aplikasi Kulina, Aplikasi Kulina Merchant, situs web www.kulina.id, dan situs-situs turunannya.
Ketentuan ini berlaku untuk para pengguna, pelanggan, penumpang, agen, vendor, pemasok, mitra kami (seperti mitra pengantaran dan merchant), kontraktor dan penyedia layanan (secara kolektif disebut “Anda”).
Kebijakan Privasi ini (beserta syarat-syarat penggunaan dari Aplikasi Kulina sebagaimana tercantum dalam Ketentuan Penggunaan dan informasi lain yang tercantum di Aplikasi) menetapkan dasar terkait dengan data atau informasi yang mengidentifikasikan atau dapat digunakan untuk mengidentifikasi anda yang anda berikan kepada Kulina atau yang Kulina kumpulkan dari anda maupun pihak ketiga.
Dengan mengklik “Daftar” (Register) atau pernyataan serupa yang tersedia di laman pendaftaran, anda menyatakan bahwa setiap Data Pribadi anda merupakan data yang benar dan sah. Anda mengakui bahwa telah diberitahukan dan memahami ketentuan Kebijakan Privasi ini serta anda memberikan persetujuan kepada Kulina untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menampilkan, mengirimkan, membuka, menyimpan, mengubah, menghapus, mengelola dan/atau mempergunakan data tersebut untuk tujuan sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi.
Mohon baca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa anda memahami bagaimana proses pengolahan data kami. Kecuali didefinisikan lain, semua istilah dengan huruf kapital yang digunakan dalam Kebijakan Privasi ini memiliki arti yang sama dengan yang tercantum dalam Ketentuan Penggunaan.
A. PEROLEHAN DAN PENGUMPULAN DATA PRIBADI
Kulina mengumpulkan Data Pribadi anda dengan tujuan untuk memproses transaksi anda, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Aplikasi, serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kulina dapat menggabungkan data yang diperoleh dari sumber-sumber di bawah ini dengan data lain yang dimiliki oleh Kulina. Adapun Data Pribadi anda yang kami kumpulkan adalah sebagai berikut:
1. Data yang terkait dengan akun Kulina anda:
- Nama;
- Username;
- Email;
- Nomor telepon;
- Alamat dan/atau lokasi;
- Profil, antara lain tanggal lahir, jenis kelamin, agama;
- Identitas yang dikeluarkan oleh pemerintah, antara lain KTP, SIM, atau Paspor; atau tanda pengenal lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah; dan
- Informasi transaksi, keuangan, dan/atau perbankan
2. Data yang terekam pada saat anda menggunakan Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada:
- Data berupa waktu dari setiap aktivitas anda sehubungan dengan penggunaan Aplikasi, termasuk waktu pendaftaran, login, dan transaksi;
- Data penggunaan atau preferensi anda, di antaranya interaksi anda dalam menggunakan Aplikasi, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh melalui cookies, pixel tags, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik;
- Data perangkat, di antaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Aplikasi, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nomor IMEI, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler; dan/atau
- Data catatan (log), di antaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban (browser), dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang anda gunakan sebelum berinteraksi dengan Aplikasi.
3. Data yang dikumpulkan dari sumber lain, termasuk namun tidak terbatas pada:
- Data berupa geolocation (GPS) dari mitra usaha Kulina yang turut membantu Kulina dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam aplikasi kepada anda, antara lain merchant, mitra pengantaran, infrastruktur aplikasi, dan mitra-mitra lainnya;
- Data dari penyedia layanan finansial;
- Data berupa email dari penyedia layanan pemasaran.
4. Data yang secara mandiri diserahkan oleh anda kepada kami, termasuk namun tidak terbatas pada data yang diserahkan pada saat:
- Anda membuat dan memperbarui akun pada sistem kami;
- Anda menggunakan jasa apapun dari kami;
- Anda melakukan verifikasi identitas anda melalui berbagai cara (seperti login media sosial, penyerahan swafoto atau informasi kartu pembayaran yang diverifikasi secara independen);
- Anda memberikan informasi untuk menilai kelayakan anda untuk menyediakan layanan sebagai mitra kami (sebagaimana diizinkan secara hukum);
- Anda memilah atau melakukan browsing atas produk dan jasa kami atau melakukan aktivitas dalam Aplikasi kami;
- Anda menerima cookies dalam perangkat anda;
- Anda berinteraksi dengan tim customer experience atau perwakilan kami lainnya, misalnya webform, email, telepon, surat atau dalam pertemuan tatap muka;
- Anda berinteraksi dengan kami melalui media sosial, misalnya dengan memberi tanda like atau mengomentari isi posting kami, atau dengan menyampaikan pesan pribadi kepada kami melalui media sosial kami;
- Anda berpartisipasi dalam promosi, undian, inisiatif atau permintaan Data Pribadi tambahan melalui survey konsumen;
- Kami menerima rujukan dari mitra usaha dan pihak ketiga, misalnya saat mereka merujuk anda kepada kami untuk dapat menikmati keuntungan dari kegiatan promosi atau kolaborasi bersama atau untuk menggunakan voucher yang anda beli melalui mereka;
- Perwakilan yang berwenang untuk mewakili anda memberikan Data Pribadi milik anda kepada kami sesuai dengan kewenangan yang sewajarnya anda berikan, misalnya apabila perwakilan anda tersebut membeli produk atau jasa kami untuk dikirimkan kepada anda atau sebagai hadiah;
- Analisis pihak ketiga atau penyedia jasa kami memberikan kepada kami Data Pribadi anda yang telah mereka kumpulkan dan proses sesuai dengan kebijakan privasi mereka sendiri; atau
- Apabila anda dengan sukarela menyerahkan Data Pribadi anda kepada kami untuk alasan apapun.
B. PENGGUNAAN DATA PRIBADI
1. Kulina dapat menggunakan Data Pribadi yang kami kumpulkan dari anda atau melalui pihak ketiga untuk tujuan tertentu sebagai berikut:
- Mendaftarkan, mengidentifikasi, mengadministrasi, memverifikasi, menonaktifkan, dan mengelola akun anda;
- Memfasilitasi atau memungkinkan proses verifikasi yang diperlukan sebelum penyedia layanan memberikan layanan kepada anda atau sebelum kami mendaftarkan anda sebagai pengguna, termasuk melakukan proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer);
- Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas maupun transaksi yang dilakukan oleh anda melalui Aplikasi, termasuk untuk keperluan pengiriman produk kepada anda;
- Mengolah, memfasilitasi, dan menyelesaikan pembayaran anda;
- Mengolah dan memfasilitasi pesanan dan transaksi pembayaran yang anda lakukan, termasuk sebagaimana berlaku, transaksi yang dilakukan melalui kartu pembayaran atau rekening yang tersedia pada Aplikasi;
- Memproses permintaan pengembalian produk atau pengembalian dana anda sesuai dengan Ketentuan Penggunaan kami;
- Memberikan jasa dan layanan terkait dengan penggunaan akun anda, seperti produk-produk yang anda simpan dalam keranjang belanja anda, notifikasi produk;
- Melakukan personalisasi dan meningkatkan customer experience anda saat mengunjungi Aplikasi kami;
- Memberitahu anda atas transaksi atau aktivitas yang terjadi dalam aplikasi, situs atau sistem lain yang terhubung dengan Aplikasi kami;
- Berkomunikasi dengan dan mengirimkan anda informasi sehubungan dengan penggunaan Aplikasi;
- Memberitahu anda mengenai segala pembaruan pada Aplikasi atau perubahan pada layanan yang disediakan;
- Mengolah dan menanggapi pertanyaan dan saran yang anda berikan;
- Melakukan monitoring dan memastikan proses berlangsungnya Ketentuan Penggunaan kami, termasuk hal yang terkait dengan penyelesaian sengketa;
- Memastikan Aplikasi kami berfungsi dengan baik serta meningkatkan kinerja Aplikasi kami dengan melakukan beberapa aktivitas tertentu yang diperlukan seperti, debugging, analisa statistik untuk mengoptimalkan Aplikasi kami.
2. Kulina juga dapat menggunakan Data Pribadi anda secara lebih umum untuk tujuan-tujuan sebagai berikut, yang dalam kasus tertentu kami akan bertindak secara wajar dan tidak menggunakan Data Pribadi anda lebih dari apa yang diperlukan untuk tujuan tersebut:
- Melakukan proses dan fungsi bisnis terkait;
- Memantau penggunaan aplikasi dan mengelola, mendukung serta meningkatkan efisiensi kinerja, pengembangan, pengalaman pengguna dan fungsi-fungsi aplikasi;
- Memberikan bantuan sehubungan dengan dan untuk menyelesaikan kesulitan teknis atau masalah operasional dengan aplikasi atau layanan;
- Menghasilkan informasi statistik dan data analitik untuk tujuan pengujian, penelitian, analisis, pengembangan produk, kemitraan komersial, dan kerja sama;
- Mencegah, mendeteksi, dan menyelidiki segala kegiatan yang dilarang, ilegal, tidak sah, atau curang;
- Memfasilitasi tindakan hukum perusahaan (yang dapat berupa penggabungan, akuisisi, penjualan aset, pemisahan perusahaan) yang melibatkan Kulina dan/atau afiliasi Kulina;
- Memenuhi ketentuan (i) internal risk controls Kulina, (ii) akses kami terkait dengan proses pembayaran atau layanan bank seperti sengketa kartu kredit, penipuan, kesalahan dalam pembayaran; atau (iii) peraturan perundangan yang berlaku.
C. PENGUNGKAPAN DATA PRIBADI
1. Untuk tujuan pengembangan, peningkatan, perlindungan, maupun pemeliharaan layanan kami, kami dapat menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, dan/atau mengungkapkan Data Pribadi anda kepada pihak ketiga. Dengan ini anda menyatakan telah memberikan persetujuan, izin, dan wewenang kepada kami untuk melakukan tindakan yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan, termasuk namun tidak terbatas pada:
- Jika anda adalah pengguna, untuk memungkinkan penyedia layanan, untuk melakukan atau memberikan layanan;
- Jika anda adalah penyedia layanan, untuk memungkinkan pengguna untuk meminta atau menerima layanan dari anda;
- Jika disyaratkan atau diotorisasikan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku (termasuk namun tidak terbatas pada menanggapi pertanyaan terkait regulasi, penyelidikan atau pedoman, atau mematuhi persyaratan atau ketentuan pengarsipan dan pelaporan berdasarkan undang-undang), untuk tujuan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku;
- Jika diinstruksikan, diminta, disyaratkan atau diperbolehkan oleh pemerintah yang berwenang, untuk tujuan sebagaimana disebutkan dalam kebijakan pemerintah dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
- Jika terdapat proses hukum dalam bentuk apapun antara anda dan kami, atau antara anda dengan pihak lain, sehubungan dengan atau terkait dengan layanan, untuk keperluan proses hukum tersebut;
- Sehubungan dengan segala proses verifikasi kami atau yang pihak ketiga perlukan sebelum pemberi layanan memberikan layanan kepada anda, atau kami mendaftarkan anda sebagai pengguna, termasuk proses Know Your Customer;
- Dalam keadaan darurat terkait keselamatan anda (baik anda sebagai pengguna atau penyedia layanan) untuk keperluan penanganan keadaan darurat tersebut;
- Dalam situasi terkait kesehatan anda atau kepentingan umum, kami dapat memberikan Data Pribadi anda kepada pemerintah yang berwenang dan/atau institusi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah atau memiliki kerja sama dengan kami, untuk tujuan pelacakan kontak, mendukung inisiatif, kebijakan atau program pemerintah, kesehatan publik dan tujuan lainnya sebagaimana dibutuhkan secara wajar;
- Sehubungan dengan, penggabungan, penjualan aset, pemisahan perusahaan, konsolidasi atau restrukturisasi, pembiayaan atau akuisisi semua atau sebagian dari bisnis kami oleh atau ke perusahaan lain, untuk keperluan tindakan hukum perusahaan tersebut (bahkan jika kemudian tindakan hukum perusahaan tersebut tidak dilanjutkan);
- Sehubungan dengan proses klaim asuransi, kami akan membagikan Data Pribadi anda untuk tujuan pemrosesan klaim asuransi kepada perusahaan asuransi yang bekerja sama atau berkolaborasi dengan kami;
- Kepada pihak ketiga (termasuk agen, vendor, pemasok, kontraktor, mitra, dan pihak lain yang memberikan layanan kepada kami atau anda, melakukan tugas atas nama kami, atau pihak dengan siapa kami mengadakan kerja sama komersial), untuk atau sehubungan dengan tujuan di mana pihak ketiga tersebut terlibat, untuk melaksanakan pengungkapan kepada pihak ketiga terkait yang secara teknis diperlukan untuk memproses transaksi anda atau tujuan kerja sama kami dengan pihak ketiga tersebut (tergantung keadaannya), yang dapat mencakup diperbolehkannya pihak ketiga tersebut untuk memperkenalkan atau menawarkan produk atau layanan kepada anda, melakukan autentikasi terhadap anda atau menghubungkan anda dengan Akun atau melakukan kegiatan lain termasuk pemasaran, penelitian, analisis dan pengembangan produk;
- Dalam hal kami berbagi Data Pribadi dengan afiliasi, kami akan melakukannya dengan tujuan agar mereka membantu kami dalam menyediakan Aplikasi, untuk mengoperasikan bisnis kami (termasuk, ketika anda berlangganan milis kami, untuk tujuan pemasaran langsung), atau untuk tujuan pengolahan data atas nama kami. Contohnya, sebuah afiliasi Kulina di negara lain dapat mengolah dan/atau menyimpan Data Pribadi anda atas nama perusahaan grup Kulina di negara anda. Semua afiliasi kami berkomitmen untuk mengolah Data Pribadi yang mereka terima dari kami sesuai dengan Kebijakan Privasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
2. Ketika Data Pribadi tidak perlu dikaitkan dengan anda, kami akan melakukan upaya yang wajar untuk menghapus keterkaitan Data Pribadi tersebut dengan anda sebagai individu sebelum mengungkapkan atau berbagi informasi tersebut.
3. Kami tidak akan menjual atau menyewakan Data Pribadi anda.
4. Selain sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini, kami dapat mengungkapkan dan membagikan Data Pribadi anda jika kami memberitahu anda dan kami telah memperoleh persetujuan anda untuk pengungkapan atau pembagian tersebut.
D. PENYIMPANAN DAN PENGHAPUSAN DATA PRIBADI
1. Kulina melindungi setiap Data Pribadi anda yang disimpan dalam sistemnya, serta melindungi data tersebut dari akses, penggunaan, modifikasi, pengambilan, dan/atau pengungkapan tidak sah dengan menggunakan sejumlah tindakan dan prosedur keamanan, termasuk kata sandi dan kode OTP (One Time Password) anda.
2. Data Pribadi anda juga dapat disimpan atau diproses di luar negara oleh pihak yang bekerja untuk Kulina di negara lain, atau penyedia layanan pihak ketiga, vendor, pemasok, mitra, kontraktor, atau afiliasi Kulina. Dalam hal tersebut, Kulina akan memastikan bahwa Data Pribadi tersebut tetap terlindungi sesuai dengan komitmen Kulina dalam Kebijakan Privasi ini.
3. Kulina telah menggunakan upaya terbaiknya untuk mengamankan dan melindungi Data Pribadi anda, namun perlu diketahui bahwa penyerahan data melalui internet tidak pernah sepenuhnya aman. Dengan demikian, Kulina tidak dapat menjamin sepenuhnya keamanan data yang anda sediakan atau serahkan kepada Kulina dan pemberian informasi oleh anda merupakan risiko yang ditanggung oleh anda pribadi.
4. Kulina akan menghapus dan/atau menganonimkan Data Pribadi anda yang ada di bawah kendali Kulina apabila (i) Data Pribadi anda tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya; (ii) Anda mengajukan permohonan secara tertulis kepada Kulina; dan (iii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.
5. Mohon diperhatikan bahwa terdapat kemungkinan beberapa Data Pribadi anda disimpan oleh pihak lain termasuk oleh institusi pemerintah cara tertentu. Dalam hal kami membagikan Data Pribadi anda kepada institusi pemerintah yang berwenang dan/atau institusi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan kami, anda menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi anda oleh institusi terkait akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing institusi tersebut. Informasi yang disampaikan melalui komunikasi antara pengguna dan penyedia layanan yang dilakukan selain melalui penggunaan aplikasi (seperti melalui panggilan telepon, SMS, pesan seluler atau cara komunikasi lainnya dan pengumpulan atas Data Pribadi anda oleh agen kami) juga dapat disimpan dengan beberapa cara. Kami tidak mengizinkan penyimpanan Data Pribadi dengan cara demikian dan kami tidak bertanggung jawab kepada anda untuk hal tersebut. Kami tidak akan bertanggung jawab atas penyimpanan Data Pribadi anda. Anda setuju untuk mengganti rugi, membela, dan membebaskan kami, pejabat, direktur, karyawan, agen, mitra, pemasok, kontraktor, dan afiliasi kami, dari dan terhadap setiap dan segala klaim, kerugian, kewajiban, biaya, kerusakan, dan ongkos (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya hukum dan pengeluaran biaya ganti rugi tetapi tidak terbatas pada biaya hukum dan pengeluaran biaya ganti rugi penuh) yang dihasilkan secara langsung atau tidak langsung dari setiap penyimpanan yang tidak sah atas Data Pribadi anda.
6. Dalam hal anda bermaksud untuk mengajukan permohonan penghapusan Data Pribadi, anda dapat menghubungi Kulina melalui perincian yang disediakan di bawah ini.
E. PENGUNGKAPAN DATA PRIBADI KE PIHAK KETIGA
1. Untuk tujuan pengembangan, peningkatan, perlindungan, maupun pemeliharaan layanan kami, kami dapat menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, dan/atau mengungkapkan Data Pribadi anda kepada pihak ketiga. Dengan ini anda menyatakan telah memberikan persetujuan, izin, dan wewenang kepada kami untuk melakukan tindakan yang dianggap perlu sehubungan dengan tujuan-tujuan yang tercantum. Pihak ketiga yang dimaksud dalam paragraf ini termasuk, namun tidak terbatas pada:
- Pihak ketiga yang adalah perusahaan afiliasi kami sehubungan dengan tujuan yang terkait dengan penyediaan layanan Kulina, pengelolaan dan pengembangan bisnis, dan kegiatan lainnya; dan
- Pihak ketiga yang adalah otoritas atau institusi pemerintah jika (i) disyaratkan atau diperintahkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku (termasuk namun tidak terbatas pada tanggapan terkait regulasi, penyelidikan atau pedoman, atau mematuhi persyaratan atau ketentuan pengarsipan dan pelaporan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku) dan/atau (ii) terdapat proses hukum yang berhubungan dengan Kulina;
- Pihak ketiga apabila terdapat transaksi perusahaan, seperti: pembentukan perusahaan patungan, penjualan anak perusahaan atau divisi, penggabungan, konsolidasi, pengambilalihan, penjualan aset, ataupun likuidasi;
- Pihak ketiga lainnya (termasuk agen, vendor, pemasok, kontraktor, mitra, dan pihak lain yang memberikan layanan kepada kami atau anda, melakukan tugas atas nama kami atau pihak dengan siapa kami mengadakan kerja sama komersial) untuk atau sehubungan dengan tujuan dimana pihak ketiga tersebut terlibat atau tujuan kerja sama kami dengan pihak ketiga tersebut, yang dapat mencakup diperbolehkannya pihak ketiga tersebut untuk memperkenalkan atau menawarkan produk dan layanan kepada anda atau melakukan kegiatan lain termasuk pemasaran, penelitian, analisis, dan pengembangan produk pihak ketiga tersebut.
2. Sehubungan dengan penyelenggaraan widget atau konten khusus dalam Aplikasi kami, dengan ini kami menyatakan bahwa mitra kami akan dan dapat mengirimkan, menyampaikan, dan/atau memberikan Data Pribadi anda kepada pihak lainnya dengan siapa mitra kami tersebut melakukan kerja sama (sebagaimana relevan), terutama dalam rangka untuk dapat meneruskan permintaan anda atas layanan dukungan yang anda inginkan kepada pihak lain penyedia layanan dukungan. Dalam hal ini, pihak lainnya yang menerima Data Pribadi anda akan tunduk kepada kewajiban terkait penyampaian dan penggunaan data yang sama dengan yang berlaku terhadap mitra kami.
3. Terhadap perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penggunaan, penampilan, pengiriman, pengungkapan, penyimpanan, perubahan, penghapusan, dan pemusnahan Data Pribadi anda dalam pelaksanaan layanan dan penyelenggaraan widget atau konten khusus dalam Aplikasi kami, kami memastikan bahwa Kulina akan melakukan hal yang sepadan dengan yang kami lakukan sesuai Kebijakan Privasi ini.
F. PERUBAHAN DAN PENARIKAN DATA PRIBADI
1. Anda dapat menarik persetujuan anda untuk setiap dan seluruh pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan Data Pribadi anda kapan saja dengan memberikan kepada kami permohonan tertulis menggunakan rincian kontak yang disebutkan di bawah ini. Anda juga dapat menarik persetujuan pengiriman komunikasi dan informasi tertentu dari kami melalui fasilitas “opt-out” atau pilihan “berhenti berlangganan”/”unsubscribe” yang tersedia dalam pesan kami kepada anda.
2. Dalam hal penarikan persetujuan tersebut dapat mengakibatkan penghentian setiap layanan akun anda atau perjanjian kami dengan anda, dengan ketentuan semua hak dan kewajiban yang muncul setelahnya harus dipenuhi. Setelah anda menyampaikan maksud untuk mencabut persetujuan anda, kami akan memberitahukan tentang akibat yang mungkin terjadi, sehingga anda dapat memutuskan apakah tetap ingin mencabut persetujuan anda atau tidak.
3. Jika anda memiliki akun, anda dapat mengakses dan/atau mengubah sendiri Data Pribadi anda yang saat ini kami miliki melalui halaman Pengaturan Akun melalui Aplikasi.
4. Jika anda tidak memiliki akun, anda dapat meminta untuk mengakses dan/atau memperbaiki Data Pribadi anda yang saat ini kami miliki dengan mengirimkan permohonan tertulis kepada kami. Kami akan membutuhkan beberapa informasi dari anda untuk memastikan identitas anda serta sifat permintaan anda agar kami dapat menangani permintaan anda.
5. Kami dapat membebankan biaya yang wajar kepada anda untuk menangani dan memproses permintaan anda untuk mengakses Data Pribadi anda. Jika kami memilih untuk membebankan biaya, kami akan memberi anda perkiraan biaya yang akan dibebankan secara tertulis. Kami tidak wajib menanggapi permintaan anda, kecuali anda telah melakukan pembayaran atas beban biaya penanganan yang telah kami sampaikan.
6. Kami berhak menolak permintaan anda untuk mengakses dan/atau mengubah Data Pribadi anda karena alasan yang dibenarkan berdasarkan hukum atau peraturan yang berlaku, dan apabila diwajibkan dan/atau memberikan hak kepada organisasi untuk menolak mengubah Data Pribadi dalam keadaan yang dinyatakan.
G. PENGAKUAN DAN PERSETUJUAN
1. Kami membutuhkan Data Pribadi anda, salah satunya adalah untuk dapat melakukan verifikasi proses transaksi. Oleh karena itu, Data Pribadi yang anda berikan kepada kami haruslah seakurat mungkin dan tidak menyesatkan. Anda harus memperbarui dan memberitahukan kepada kami apabila ada perubahan terdapat Data Pribadi anda. Anda dengan ini membebaskan kami dari setiap tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim sehubungan dengan kegagalan pemrosesan transaksi pada Aplikasi Kulina dan Aplikasi Kulina Merchant yang disebabkan oleh ketidakakuratan Data Pribadi yang anda berikan kepada kami.
2. Dengan menyetujui Kebijakan Privasi, anda mengakui bahwa anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui segala ketentuannya. Secara khusus, anda setuju dan memberikan persetujuan kepada kami untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menampilkan, mengirimkan, membuka, menyimpan, mengubah, menghapus, mengelola dan/atau mempergunakan data tersebut sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.
3. Dalam keadaan anda belum berusia 18 tahun, belum menikah atau berada di bawah pengampuan, maka anda memerlukan persetujuan dari orang tua, wali atau pengampu anda yang sah untuk memberikan Data Pribadi kepada kami. Jika Data Pribadi anda tersebut diberikan kepada kami, anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa orang tua, wali yang sah atau pengampu anda telah menyetujui pemrosesan Data Pribadi anda tersebut dan secara pribadi menerima dan setuju untuk terikat oleh Kebijakan Privasi ini dan bertanggung jawab atas tindakan anda.
4. Dalam keadaan anda memberikan kepada kami Data Pribadi yang berkaitan dengan individu lain (seperti Data Pribadi yang berkaitan dengan pasangan anda, anggota keluarga, teman, atau pihak lain), anda menyatakan dan menjamin bahwa anda telah memperoleh persetujuan dari individu tersebut untuk, dan dengan ini menyetujui atas nama individu tersebut untuk, pengumpulan, penggunaan, pengungkapan dan pengolahan Data Pribadi mereka oleh kami.
H. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB KULINA
1. Anda bertanggung jawab atas keamanan dan mitigasi pelanggaran atas akun anda melalui penerapan pengamanan yang tepat, membatasi akses, menggunakan kata sandi yang kuat, menjaga kata sandi, menjaga one time password (“OTP”).
2. Kami tidak bertanggung jawab atas pertukaran dan pemberian Data Pribadi yang anda lakukan, termasuk yang dilakukan antar pengguna. Termasuk dalam ketentuan ini adalah setiap dan segala kesalahan anda yang mengakibatkan kebocoran data anda.
3. Kami bertanggung jawab atas sistem Kulina, termasuk perlindungan dan pengamanan rahasia Data Pribadi. Dalam hal terjadi kegagalan dalam perlindungan Data Pribadi, Kulina akan memberitahukan sekurang-kurangnya melalui email anda yang terdaftar pada sistem Kulina dan melaporkan kepada aparat penegak hukum atau instansi pengawas dan pengatur sektor terkait. Dalam hal terjadi kebocoran data, pihak yang bertanggung jawab untuk menginformasikan kepada anda terkait kegagalan dalam perlindungan data tersebut adalah pihak atau institusi dimana data tersebut diproses berdasarkan Kebijakan Privasi ini.
4. Kami tidak bertanggung jawab atas keaslian, keotentikan, kebenaran, keakuratan, kelengkapan Data Pribadi yang dimasukkan oleh anda ke dalam sistem Kulina.
5. Dengan memberikan persetujuan, anda melepaskan hak atas klaim, kerugian, tuntutan, dan gugatan yang mungkin terjadi atas perolehan, penyimpanan, penggunaan, pemanfaatan, dan/atau pengungkapan data, termasuk Data Pribadi, dalam sistem Kulina.
6. Aplikasi kami dapat saja berisi tautan ke situs pihak ketiga. Kami tidak bertanggung jawab atas perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penggunaan, penyimpanan, penampilan, pengumuman, pengiriman, penyebarluasan, penghapusan dan pemusnahan Data Pribadi anda oleh pihak ketiga tersebut. Jika anda memberikan informasi langsung ke situs tersebut, kebijakan privasi dan ketentuan layanan di situs tersebut akan berlaku dan kami tidak bertanggung jawab atas kegiatan pengolahan informasi atau kebijakan privasi dari situs tersebut.
7. Kami tidak bertanggung jawab atas kebocoran data yang terjadi diakibatkan dan/atau terjadi karena Force Majeure atau Keadaan Kahar. Force Majeure meliputi antara lain (i) pemogokan, penutupan, perusahaan, dan aksi industrial lain; (ii) huru-hara, kerusuhan, invasi, serangan atau ancaman teroris, perang (baik yang dinyatakan atau tidak) ancaman persiapan perang; (iii) kebakaran, ledakan, badai, banjir, gempa bumi, epidemi atau bencana alam lain; (iv) tidak tersedianya atau terganggunya jaringan telekomunikasi, informatika dan/atau listrik; (v) terdapatnya kegagalan sistem yang diakibatkan pihak ketiga yang terjadi di luar wewenang Kulina; (vi) tidak berfungsinya sistem dan/atau jaringan perbankan; (vii) tindakan, putusan, undang-undang, peraturan atau pembatasan yang diterbitkan pemerintah. Dalam hal terjadi Force Majeure, Kulina memberitahukan anda paling lambat 14 (empat belas) Hari Kalender setelah terjadinya Force Majeure tersebut dan berusaha dengan kemampuan komersial terbaiknya memenuhi kewajiban Kulina berdasarkan Kebijakan Privasi ini.
I. PERATURAN YANG BERLAKU
Kulina tunduk terhadap seluruh peraturan perundang-undangan dan kebijakan pemerintah Indonesia yang berlaku, termasuk yang mengatur tentang informasi dan transaksi elektronik, penyelenggaraan sistem elektronik, dan perlindungan data pribadi pengguna, termasuk setiap peraturan pelaksana dan peraturan perubahan dari peraturan-peraturan tersebut yang mengatur dan melindungi penggunaan data dan informasi penting para pengguna.
J. PERUBAHAN KEBIJAKAN PRIVASI
1. Kami berwenang dari waktu ke waktu untuk meninjau dan mengubah Kebijakan Privasi ini guna memastikan bahwa Kebijakan Privasi ini tetap relevan dengan perkembangan teknologi, praktik bisnis Kulina yang berkembang, kebutuhan pengguna Kulina, dan/atau perubahan persyaratan hukum atau peraturan.
2. Apabila terjadi perubahan atas Kebijakan Privasi ini, kami akan memberitahu anda melalui pemberitahuan umum yang dipublikasikan pada Aplikasi dan/atau Situs, atau sebaliknya ke alamat email anda yang tercantum dalam akun anda. Kami juga menyarankan anda untuk membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun.
3. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan dan berkomunikasi dengan Kulina, maka anda dianggap menyetujui setiap dan seluruh perubahan atas Kebijakan Privasi ini.
K. UNTUK MENGHUBUNGI KAMI
Jika anda memiliki pertanyaan atas Kebijakan Privasi ini, harap menghubungi melalui:
1. Email: hello@kulina.id
2. Nomor telepon: 08112657575
3. Pusat Bantuan di Aplikasi Kulina
4. Instagram: @kulina.id
© 2015 - 2021 Kulina — All rights reserved.